Nutrisi yang dibutuhkan Ibu Hamil, Penting Diketahui Sejak Dini

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil bisa diperoleh dari beragam jenis makanan sehat dan ini wajib diketahui sejak masa kehamilan pertama. Pada masa ini ibu dapat memperbanyak konsumsi makanan sehat untuk mendukung perkembangan janin di dalam rahim.

Meskipun pada dasarnya pola makan serta beragam nutrisi yang harus dimakan sama dengan orang kebanyakan,tapi ada beragam makanan yang perlu ditingkatkan pada saat hamil ini di antaranya;

  • Vitamin D

Pada saat hamil, ibu sangat memerlukan asupan vitamin D untuk membantu perkembangan gigi dan kekuatan tulang pada janin agar semakin kuat. Asupan vitamin D yang bagus untuk bumil bisa berasal dari bermacam jenis ikan utamanya salmon dan susu.

  • Zat Besi

Asupan  hemoglobin pada saat mengandung sangat vital agar ibu tidak merasakan lemas dan lesu. Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil berupa zat besi ini jumlahnya bisa meningkat 2 kali lipat sebelum masa hamil tiba. Asupan zat besi ini dapat membantu memperlancar suplai darah untuk memasok oksigen ke bayi.

Apabila ibu tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup bisa menyebabkan kondisi ibu cepat lelah. Efek yang paling parah adalah risiko kelahiran prematur sangat tinggi dan membuat berat badan bayi rendah pada saat kelahiran.

Makanan dengan kandungan zat besi ini bisa diperoleh dari sayuran, kacang-kacangan, beragam jenis ikan dan daging-dagingan yang tidak mengandung lemak.

  • Lemak

Bila lemak selama ini dianggap tidak bagusuntuk kesehatan, khusus bumil justru sebaliknya. Lemak menjadi bagian dari nutrisi yang wajib terpenuhi saat mengandung janin. Lemak sangat berperan untuk membantu perkembangan bayi dalam rahim dari awal hamil hingga masa kelahiran

Lemak juga baik untuk pemenuhan kalori keduanya. Makanan dengan kandungan lemak sehat yang wajib dikonsumsi antara lain daging merah, ikan dan buah-buahan.

  • Vitamin C

Nutrisi lainnya yang tinggi kebutuhannya adalah vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan janin dan proses penyerapan zinc. 

Tidak hanya itu, vitamin C juga berguna untuk meningkatkan imunitas. Makanan yang mengandung vitamin C antara buah-buahan dan sayuran.

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil harus selalu dipantau agar tidak mengalami kekurangan pada masa kehamilannya. Akibatnya bisa mengganggu proses perkembangan janin dan kesehatan ibu selama masa kehamilan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *