Mengenal Zero Based Budgeting, Apa Saja Langkah yang Diperlukan?

Selain menentukan produk asuransi terbaik seperti asuransi jiwa berjangka, Anda juga perlu memastikan apakah produk tersebut sesuai dengan kemampuan Anda atau tidak. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan zero based budgeting. Memangnya, apa itu zero based budgeting?

Apa Itu Zero Based Budgeting?

Zero based budgeting berdasarkan situs media IDX Channel dan situs Jurnal Entrepreneur merupakan metode hitung anggaran yang bermula dari nol tanpa perbandingan anggaran sebelumnya. Alokasi dana akan disusun berdasarkan tujuan yang ingin diraih pada saat periode tersebut.

Contoh Zero Based Budgeting

Jika dikaitkan dengan anggaran sehari-hari, maka sistem alokasi dana ini bisa Anda terapkan untuk membuat anggaran rumah untuk jangka pendek sampai menengah.

Misalkan, Anda memikirkan rencana dalam 6 bulan ke depan. Lalu, Anda mulai mencari apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut. Anda akan mencari semua kemungkinan. Misalnya, membeli asuransi jiwa berjangka dan rencana lainnya, lalu menyusun anggarannya.

Total anggaran itu sendiri hanya berlaku untuk periode tersebut, periode selanjutnya maka anggaran tersebut tidak bisa menjadi patokan lagi.

Bagaimana Cara Implementasinya?

Jika Anda ingin mencari tahu bagaimana cara mengimplementasikan metode ini dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Identifikasi Keputusan

Langkah pertama, yakni mencari apa yang dibutuhkan dan melihat mana produk asuransi yang cocok. Pada tahap ini, segala macam produk asuransi akan Anda perhatikan, untuk nantinya dipilih mana yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Misalnya, Anda membutuhkan asuransi kesehatan untuk menjamin biaya pengobatan di kemudian hari, maka Anda perlu melihat fasilitas asuransi seperti apa yang Anda butuhkan. Supaya dapat memilih produk asuransi yang sesuai atau setidaknya mendekati kebutuhan Anda tersebut.

2. Penentuan Keputusan

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan ketika memilih produk asuransi kesehatan, seperti berikut ini:

  • Mutually Exclusive: Pengambilan keputusan berdasarkan kesamaan fungsi. Anda akan mengambil pilihan yang paling pas dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.
  • Incremental: Pengambilan keputusan berdasarkan faktor lain. Misalnya harga yang lebih terjangkau, administrasi yang lebih mudah, atau yang lainnya.

3. Evaluasi Keputusan

Setelah pengambilan keputusan, maka langkah terakhir adalah melakukan evaluasi. Pada tahap ini, Anda sudah menentukan produk asuransi kesehatan yang Anda ambil.

Selain itu, Anda juga perlu membuat keputusan alternatif. Misalkan, jika produk asuransi kesehatan A gagal Anda peroleh, maka Anda akan mengambil produk asuransi kesehatan B sebagai alternatifnya.

Tertarik untuk Menerapkan Zero Based Budgeting?

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu zero based budgeting beserta contoh dan cara menerapkannya. Jika dilihat dari pengertian dan cara kerjanya, maka kelebihan utama dari metode anggaran dana ini adalah efisiensi dan efektivitas.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.