Apa Itu ESG, Berikut Pengertiannya

Apa itu ESG? ESG merupakan singkatan dari Environmental Social Governance yang mana di sini merupakan sebuah standar perusahaan di dalam praktek investasi yang terdiri atas tiga konsep atau tiga kriteria, meliputi antara lain lingkungan,sosial dan juga tata kelola perusahaan.

Sebuah perusahaan yang di sini menerapkan ESG di dalam praktek bisnis dan juga investasi berarti nantinya akan turun untuk mengintegrasikan dan juga mengimplementasikan kebijakan perusahaan sehingga dapat selaras dengan kelangsungan tiga konsep tersebut. Untuk lebih lengkapnya mengenai ESG berikut akan diolah secara lebih detail lagi.

Apa Pengertian dan Kriteria ESG?

ESG adalah inisiatif yang berasal dari kalangan swasta untuk merespon desakan dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang bisa berkelanjutan. Kriteria konsep dan standar ESG makin populer dipakai oleh para investor dalam tingkat regional bahkan hingga global serta di tingkat nasional dengan adanya keuangan berkelanjutan bagi industri perbankan.

Sebuah perusahaan yang menerapkan konsep serta mengimplementasikan kriteria ESG ini sudah menjadi pertimbangan dasar untuk para investor di dalam melakukan pengambilan keputusan dalam kegiatan investasi terhadap suatu bisnis maupun perusahaan.

Berbeda dengan CSR yang mempunyai ciri khas usaha dan upaya perusahaan yang tidak sesuai, ESG dalam penerapan perusahaan menerapkan konsep yang berkelanjutan dari awal proses bisnis bahkan hingga operasional secara lebih menyeluruh.

ESG merujuk pada tiga kriteria yang mana di sini berkaitan erat dengan kelangsungan perusahaan. Ketiga kriteria ini adalah faktor sentral pengukuran untuk dampak berkelanjutan serta etis di dalam pengambilan keputusan untuk investasi. Ketiga faktor utama di dalam implementasi ESG antara lain yaitu:

Kriteria Lingkungan

Environment pada ESG merupakan kriteria yang akan membahas mengenai pertimbangan para investor terhadap kinerja perusahaan dengan cara ramah terhadap lingkungan. Contoh implikasi dari kriteria yang satu ini meliputi pemakaian energi di sebuah perusahaan, polusi, penanganan limbah, konservasi, sumber daya alam dan juga perilaku pada fauna dan flora.

Penempatan kriteria lingkungan di dalam manajemen risiko bisnis pastinya juga akan mampu memperkecil resiko potensi hadir dari kriteria lingkungan tersebut. Kriteria lingkungan juga bisa dipakai untuk melakukan kegiatan evaluasi sebuah perusahaan operasional. Tentunya komitmen perusahaan di dalam memenuhi kriteria tersebut akan memberikan sebuah dampak yang cukup positif bagi perusahaan itu sendiri dan juga untuk lingkungan.

Perusahaan nantinya akan memperoleh keberlanjutan di dalam operasi bisnis jika kondisi lingkungan yang baik serta mendukung.

Kriteria Sosial

Kriteria sosial di dalam ESG yaitu kriteria yang nantinya akan membahas terkait mengenai hubungan perusahaan dengan pihak eksternal, seperti contohnya masyarakat, komunitas pemasok, pembeli dan lain-lain.

Kriteria bisa memberikan dampak terhadap performa finansial dari sebuah perusahaan. Citra dari sebuah bisnis atau perusahaan akan dipengaruhi dari siap atau tidaknya perusahaan dalam mengadaptasi posisi terhadap masalah sosial.

Kriteria Tata Kelola Perusahaan

Untuk jenis kriteria yang terakhir pada ESG ini yaitu kriteria tata kelola perusahaan. Di mana di sini lebih memfokuskan terhadap bagaimana sebuah perusahaan mempunyai proses pengelolaan yang jauh lebih baik dan berkelanjutan di lingkup internal. Kriteria tata pengelolaan membahas mengenai aktivitas perusahaan tergantung aktivitas manajemen dan juga pemilik dari perusahaan.

Aspek yang di sini penting atau diperhatikan di dalam kriteria tersebut seperti kebijakan perusahaan budaya standar perusahaan, penyingkapan, proses audit, informasi dan juga kepatuhan. Faktor tersebut dapat menjadi nilai tambah untuk sebuah perusahaan yang di sini bisa memberikan kepercayaan diri bagi para calon investor dalam menanamkan modal di perusahaan terkait.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.