Anthony Ginting & Hendra/Ahsan Berlaga Jadwal Siaran Langsung BWF World Tour Finals 2020 di TVRI

TVRI telah merilis jadwal rangkaian pertandingan ajang BWF World Tour Finals 2020 yang akan berlangsung pada 27 31 Januari 2021. Setelah merampungkan Thailand Open I 2021 dan Thailand Open II 2021, lima wakil Indonesia bakal kembali berjuang pada BWF World Tour Finals. Seperti halnya duaturnamen awal tahun ini, BWF World Tour Finals juga digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Turnamen pamungkas rangkaian world tour ini tentu akan menjadi sorotan mengingat hanya ada delapanwakil terbaik pada setiap nomor pertandingan yang bisa tampil. Tim Indonesia akan diwakili oleh lima wakil yang tersebar pada nomor tunggal putra, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Nomor ganda campuran menjadi nomordengan wakil paling banyak bagi Indonesia.

Tercatat, ada dua wakil Merah Putih yang bakal berjuang meraih gelar juara. Mereka adalahPraveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuell Widjaja. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menjuaraiThailand Open I 2021menempati peringkat kelima pada rangking Road to Bangkok Finals.

Sementara itu, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja lolos karenaberada di peringkat ketujuh. Dari nomor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting akan menjadi satu satunya wakil Indonesia. Anthony, yang cuma berada di urutan kesembilan Road to Bangkok Finals, diuntungkan dengan situasi parawakil Denmark, Viktor Axelsen, Anders Antonsen, dan Rasmus Gemke.

Ketiga pemain Negeri Dongeng itu ada di posisi 8 besar dan seusai regulasi, setiap negara hanya boleh mengirimkan dua wakil per nomor pertandingan. Hal inilah yang kemudian mendongkrak posisi Anthony untuk lolos ke BWF World Tour Finals. Dari nomor ganda putra, pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menjadi satu satunya tumpuan Indonesia untuk merengkuh titel kampiun BWF World Tour Finals.

Sementara itu, pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, menjadi wakil Indonesiadengan peringkat terbaik pada Race to Bangkok Finals. Dikutipdari BWF Tournament Software, Greysia/Apriyaniberada di peringkat pertama pada pekan terkini, 26 Januari 2021. Greysia/Apriyani mendulang 46.020 poin dari seluruh turnamen BWF yang mereka ikuti pada musim turnamen 2020.

Aksi wakil Indonesia dan pebulu tangkis elite dunia lain pada BWF World Tour Finals 2020 dapat disaksikan melalui siaran langsung di TVRI. Babak penyisihan grup matchday 1 rabu (27/1/2021) 11.00 21.00 WIB Babak penyisihan grup matchday 2 Kamis (28/1/2021) 11.00 21.00 WIB

Babak penyisihan grup matchday 3 Jumat (29/1/2021) 11.00 21.00 WIB Babak semifinal Sabtu (30/1/2021) 10.00 22.00 WIB Babak final Minggu (31/1/2021) 13.00 18.00

Usai merampungkan dua turnamen awal tahun, Thailand Open I 2021 dan Thailand Open II 2021, Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) bakal melanjutkan kalender kompetisi tahun ini dengan menggelar BWF World Tour Finals. Turnamen puncak dari rangkaian world tour itu akan dilangsungkan di venue yang sama dengan penyelenggaraan Thailand Open I 2021 dan Thailand Open II 2021, Impact Arena, pada 27 31 Januari mendatang. Sesuai regulasi, hanya kontestan dengan posisi 8 terbaik dalam daftar peringkat world tour tahun berjalan (Road to Bangkok Finals) yang berhak mengikuti BWF World Tour Finals.

Namun, aturan ini juga disesuaikan dengan regulasi yang mengatur bahwa setiap negara hanya bisa mengirim dua wakil. Artinya, jika ada satu negara memiliki tiga wakil atau lebih dalam daftar 8 besar, maka negara tersebut hanya bisa mengirim dua wakil. Regulasi ini tentu bisa memberi keuntungan bagi kontestan kontestan lain.

Tak terkecuali untuk pemain tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Dikutip dari laman BWF Badminton, Anthony Sinisuka Ginting sebetulnya berada di peringkat ke 9 Road to Bangkok Finals. Akan tetapi, Anthony berhak berlaga pada BWF World Tour Finals karena Denmark punya tiga wakil dalam urutan 8 besar.

Ketiga wakil tersebut adalah Viktor Axelsen (1), Anders Antonsen (2), dan Rasmus Gemke (4). Selain itu, lolosnya Anthony Sinisuka Ginting ke BWF World Tour Finals kali ini juga tak lepas dari campur tangan pemain Denmark lainnya, Hans Kristian Solberg Vittinghus. Berkat kemenangan Vittinghus atas Lee Cheuk Yiu (Hong Kong) pada perempat final Thailand Open II 2021, perolehan poin Anthony pada Road to Bangkok Finals tak sampai disalip Lee Cheuk Yiu.

Padahal, sebelumnya posisi Anthony sudah berada di ujung tanduk setelah menelan kekalahan dari Lee pada babak kedua turnamen yang sama. Meski begitu, pelatih kepala tunggal putra Indonesia, Hendry Saputra Kho, optimistis anak didiknya tersebut bisa meraih hasil lebih bagus pada BWF World Tour Finals. "Untuk World Tour Finals, saya yakin dari kedua kejuaraan sebelumnya, Ginting seharusnya sudah lebih baik pikiran dan mentalnya," ucap Hendry, dikutip dari Badminton Indonesia.

"Kalau bisa main maksimal, harusnya bisa juara. Targetnya bisa main maksimal dan juara," kata Hendry lagi. Selain Anthony Sinisuka Ginting, Indonesia juga akan menaruh harapan meraih gelar juara BWF World Tour Finals kepada empat pasangan ganda, termasuk juara ganda putri Thailand Open I 2021, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Meski kiprah Greysia/Apriyani pada pekan ini cuma sampai babak semifinal, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Riony Mainaky yakin duet tersebut bisa bangkit pada BWF World Tour Finals.

"Greysia/Apriyani setelah juara agak terkuras staminanya. Hal ini membuat konsentrasi agak turun, sehingga kalah di semifinal," tutur Riony. "Diharapkan untuk tampil di World Tour Finals minggu depan, kondisi mereka sudah normal dan fit kembali," kata Riony lagi. 1. Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra)

2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra) 3. Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri) 4. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran)

5. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *