5 Cara Menyimpan Madu dengan Benar

Selain memiliki rasa yang manis, madu merupakan bahan alami yang memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan. Madu juga sering dijadikan pemanis alami yang bisa menggantikan gula buatan. Supaya Madu Propolis yang Anda beli bisa lebih awet dan tahan lama, sebaiknya ketahui cara menyimpan madu dengan baik. 

Cara menyimpan madu agar awet 

Memiliki madu di rumah sebagai persediaan adalah upaya penting dalam menjaga kesehatan keluarga. Pasalnya, madu bisa menurunkan demam, menyembuhkan luka gores, mengurangi rasa gatal saat batuk atau sakit tenggorokan, dan lain-lain. Yuk, simak cara menyimpan Madu Propolis yang baik agar awet dan tahan lama berikut!

  • Simpan di dalam botol

Menyimpan madu di dalam botol plastik atau kaca bukan masalah, tetapi Anda hanya perlu memastikan bahwa wadah tertutup rapat. Wadah yang tertutup membuat madu tidak mudah tercemar kotoran atau tumpah, ya!

  • Gunakan botol baru yang bersih

Botol baru yang bersih dan kering akan membuat madu tahan lebih lama sekaligus kualitas tetap terjaga. Bila botol masih mengandung air, maka madu yang tercampur dengan bahan lain bisa mengalami penurunan rasa atau kualitas. 

  • Menyimpan di tempat yang sejuk

Simpan Madu Propolis yang Anda beli di tempat kering dan sejuk agar tahan lebih lama. Rasa madu murni yang terkena paparan matahari terus menerus bisa berubah dan warna madu alami berubah menjadi hitam. Madu yang sudah rusak tidak layak konsumsi sebab bisa menyebabkan risiko keracunan pada orang yang memiliki reaksi alergi.

  • Menjauhkan madu dari makanan berbau 

Makanan yang berbau menyengat tidak boleh diletakkan di dekat botol madu Anda. Bisa jadi madu akan berubah aroma menjadi kurang khas atau memiliki aroma yang sama dengan makanan menyengat tersebut. Tentu hal ini akan mempengaruhi selera Anda dalam mengkonsumsi madu tersebut.

  • Simpan di dalam kulkas

Demi mencegah madu mengalami perubahan warna, aroma dan rasa, Anda bisa memilih tips paling aman dalam menyimpan madu di kulkas.  Suhu kulkas bisa menjaga ketahanan madu untuk dikonsumsi dalam waktu berbulan-bulan, bahkan bisa tahunan. Namun, Anda harus memastikan membeli produk madu yang asli tanpa bahan campuran yang mempengaruhi rasa madu tersebut. 

Madu murni tanpa tambahan pemanis bisa memberikan manfaat kesehatan yang baik seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menambah energi, menjaga kesehatan jantung, memperlancar sistem pencernaan, dan lain-lain. 

Yuk, konsumsi madu secara rutin guna mendapatkan tubuh yang lebih bugar! Anak-anak di atas usia satu tahun bisa mengkonsumsi madu untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang terkandung pada bahan alami tersebut. Kandungan antioksidan yang tinggi bisa membuat Anda lebih awet muda dan terbebas dari radikal bebas. Beli Madu Propolis dengan harga sesuai kantong di toko online kepercayaan Anda sekarang juga!

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.