5 Cara Mengatasi Anak Susah Tidur Malam Hari

Sulit tidur tidak hanya menjadi masalah orang dewasa karena seorang anak pun juga bisa mengalaminya. Tidur adalah hal penting untuk membantu mendorong pertumbuhan maupun perkembangan si anak jadi hal ini perlu diperhatikan. Ada beberapa cara mengatasi anak susah tidur agar pola hidup anak menjadi lebih terkontrol dan baik untuk perkembangannya.

1.  Ciptakan Kamar yang Nyaman

Kamar yang nyaman menjadi hal penting bagi seorang anak agar bisa tidur dengan baik tanpa terganggu. Cobalah untuk menciptakan suasana kamar yang menyenangkan dengan berbagai ornamen atau barang-barang kesukaan anak. Selain itu, pastikan juga agar anak tidak membawa perangkat elektronik seperti HP atau TV di kamar karena berpotensi menyebabkan susah tidur.

2. Tetapkan Jadwal Tidur

Jadwal untuk anak tidur dan ritme tidur yang dilakukan secara konsisten bisa membantu anak mengatasi susah tidur di malam hari. Cobalah untuk mengatur jadwal bagi anak untuk tidur dan bangun di waktu yang sama sesuai dengan kebutuhan tidur harian. 

3. Buat Rutinitas saat Mau Tidur

Ternyata, kegiatan rutin tertentu yang dilakukan sebelum anak tidur bisa membuatnya tidur lebih cepat. Kegiatan tersebut misalnya dengan membiasakan anak untuk menyikat gigi lalu berdoa sebelum tidur. 

4. Batasi Tidur Siang

Istilah sleep hygiene juga penting dilakukan salah satunya dengan membatasi waktu tidur siang pada anak. Anak memang memerlukan tidur siang tetapi tidak boleh berlebihan karena akan mengganggu waktu tidur malamnya. Batasi tidur siang si anak hanya selama 30 menit saja dan maksimal boleh dilakukan sebelum jam 3 sore.

5. Lakukan Kegiatan Sederhana

Sebelum anak tidur, orang tua juga bisa memberikan kegiatan sederhana seperti misalnya membacakan buku untuk membuat anak mengantuk. Cara ini efektif untuk membuat anak mengatasi kesulitan tidur karena ini bisa membuat anak menjadi lebih rileks dan tenang.

Itulah beberapa cara mengatasi anak susah tidur yang paling mudah diterapkan di rumah. Sebaiknya perhatikan kualitas dan waktu tidur anak dengan baik karena ini akan menyangkut perkembangan si anak. Ketika anak sudah kesulitan tidur dalam jangka waktu berminggu-minggu, segera konsultasikan dengan dokter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *